Dahsyat !! Manfaat Daun Jambu Biji Ternyata Lebih Ampuh Dari Buahnya ??Gak Percaya ? Ini Ada Buktinya ,DBD Aja Dibasminya | Oto Sport

Dahsyat !! Manfaat Daun Jambu Biji Ternyata Lebih Ampuh Dari Buahnya ??Gak Percaya ? Ini Ada Buktinya ,DBD Aja Dibasminya

Demam berdarah yang ditularkan lewat nyamuk aedes aegypti ini memanglah dikarenakan oleh virus. Serta, penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya, sesudah saat kritisnya lewat.

Tetapi, mengobati penyakit yang dapat berujung pada kematian ini pasti tak dapat sembarangan. Dibutuhkan penanganan yang tepat agar dapat sembuh, walau demam berdarah memang dapat disembuhkan dengan beberapa bahan alami alias herbal. Oleh karenanya, menurut Dr. Amarullah H. Siregar DIHom, DNMed, MSc, PhD dari Klinik Bio RX, sebelum mengobatinya, kita mesti tahu lebih dulu mekanisme penyakit ini.

Karena system kekebalan tubuh juga diserang, sistem antibodi ini dapat butuh dibereskan. Ini dapat dilakukan dengan memakai bahan-bahan alam atau konsumsi juice. “Kalau cuma dengan juice sudah bagus, boleh-boleh saja. Namun, bila belum, dapat dipakai bahan-bahan alam yang lebih khusus. Yang lebih penting dari itu adalah mengantisipasi terjadinya perdarahan, ” lanjut dokter naturopati ini.

Bagaimana caranya mencegah perdarahan? Berdasar pada hasil penelitian, daun jambu biji adalah bahan yang paling bagus untuk menambah trombosit, hingga perdarahan dapat dijauhi. “Menurut riset, memberi air rebusan jambu biji dapat menaikkan jumlah trombosit hingga 100. 000/mm3 dalam tenggang saat sekitar 16 jam, ” tutur dokter yang menempuh pendidikannya antara lain di Inggris ini.

Sedang riset pada grup penderita yang cuma mendapat infus serta tak minum air rebusan daun jambu biji, trombosit baru naik sesudah 33 jam. Walau sebenarnya, titik riskan penyakit ini adalah 24 jam. “Kalau telah begini, trombositnya harus segera dinaikkan, ” papar Amarullah. Memanglah, katanya, jumlah trombosit ini bakal naik dengan sendirinya apabila saat kritisnya telah lewat. “Tapi masak mau menunggu sampai kritis dulu? Iya bila selamat. Bila tidak kan, repot. ” 1 Lembar = 1 Kg

Untuk mendapatkan air rebusan daun jambu biji, menurut dokter berkacamata ini, bersihkan bersih lima lembar daun jambu biji, rebus dengan air hingga airnya tinggal sepertiga sisi. “Banyaknya air terserah saja, segelas bisa, sepanci juga bisa, asal di rebus hingga jumlahnya tinggal sepertiga. Yang utama bukanlah jumlah airnya, tetapi daun jambu bijinya. Daun jambu biji merah ataupun putih sama juga. ”

Ia melanjutkan, daun jambu biji mengandung enzim quercetin yang berperan menghalangi terbentuknya enzim mRNA yang ada didalam virus. Oleh lantaran terhalang inilah, virus bakal mati. “Jadi, terkecuali memperbaiki trombosit, air rebusan ini dapat membunuh virusnya, sekaligus menambah cairannya, ” tegasnya. Bagaimanakah dengan juice jambu biji merah, yang selama ini di kenal sebagai obat demam berdarah?

“Boleh saja dipakai, namun kandungan quercetin didalam buah jambu biji ini lebih sedikit di banding daunnya. Perbandingannya, 1 lembar daun jambu biji setara dengan 1 kg jambu biji, ” terang Amarullah. Bila untuk air rebusan ini perlu 5 lembar daun, berarti penderita butuh mengonsumsi 5 kg jambu biji supaya setara. Untuk dosisnya, minumkan pada pasien sesering mungkin saja, misalnya 2-3 jam sekali.

Amarullah memberikan, walau tak semua penderita mengalami perdarahan, biasanya badan terasa remuk redam. Untuk mengatasinya, mesti selekasnya dibantu dengan antibodi yang cepat bekerja, supaya badan selekasnya bugar kembali. Apa antibodi yang paling bagus sekalian menolong manfaat hati? “Antara lain temugiring serta meniran, ” tutur dokter yang juga jadi Ketua I Perhimpunan Dokter Praktisi Awet Sehat Indonesia (PERPASTI) ini.

Bila berlangsung demam serta tubuh linu-linu, dapat digabung dengan adas atau kunyit. Dua bahan herbal ini bisa jadi pengganti bila temugiring serta meniran susah ditemukan. Karena, kunyit memiliki antiradang yang tinggi. Adas juga bagus untuk menghilangkan pegal-pegal, hingga sirkulasi darah dapat segera lancar. Bila perut terasa mual, dapat ditambahkan jahe merah.

Dosis Harus Tepat

Sesudah dirajang, rebus beberapa bahan ini berbarengan daun jambu biji. Untuk ukuran bahan-bahan tersebut, menurut Amarullah sebenarnya tak ada patokan spesial. Pakai saja seperlunya, misalnya seruas jari atau seukuran jempol. “Bahan-bahan ini, kan, sifatnya cuma pendukung. Bila ternyata terasa kurang enak, bisa dicampur madu, ” katanya.

Bolehkah daun jambu biji ini segera dimakan tanpa di rebus terlebih dulu? “Silakan. Namun disini kan, kita juga mengejar cairan badan, itu penyebab butuh direbus. Dengan air rebusan jambu biji, tiga hal yang berlangsung saat demam berdarah dapat diatasi seluruhnya, ” katanya sambil merekomendasikan untuk menggunakan daun jambu yang tidak terlalu tua, namun juga tak terlalu muda.

Adakah bahan lain yang kandungan quercetin-nya juga bagus? “Ada, diantaranya bawang merah terlebih kulitnya, namun siapa juga yang ingin minum air rebusan bawang merah? Alang-alang, anggur, plum, serta brokoli juga bisa, namun ribet atau mahal. Yang paling efektif, gampang didapat, serta murah yaitu daun jambu biji, ” urainya.

Bagaimanakah dengan angkak, buah bit, serta sari kurma yang konon dapat menyembuhkan demam berdarah? Menurut Amarullah, riset belum menunjukkan hal semacam itu. “Memang benar sari kurma dapat tingkatkan hemoglobin, namun apakah tingkatkan trombosit? Angkak memang mengandung antioksidan tinggi, jadi baik untuk melawan toksin, namun tak meningkatkan trombosit dengan cara segera. Apabila perdarahan tak terjadi, angkak memang dapat digunakan, ” tutur Amarullah.

Terkecuali harus tahu lebih dulu mekanisme penyakitnya, dosis juga harus tepat, agar tak fatal mengakibatkan. Daun jambu biji yang dapat pula untuk menyembuhkan diare, misalnya, tidak bisa terlalu banyak supaya tidak menimbulkan konstipasi. Pemberian angkak terlalu banyak dapat menyebabkan panas dalam, sariawan, hingga kepala pusing. Buah bit yang fungsinya untuk mengencerkan darah, dalam dosis yang tidak tepat dapat menjadikan darah terlalu encer. Akibatnya, dapat kembali berlangsung perdarahan.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment